Jumat, 17 April 2009

Penertian Dan Manfaat Kreativitas

Sebelum kita mencoba membahas hubungan antara minat baca dengan pengembangan kreativitas, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan kreativitas.

Para ahli memberikan banyak pengertian atau definisi tentang kreativitas, antara lain apa yang dikemukakan oleh Herbert Fox, Enrich Fromm dan Kegan Paul di bawah ini :

- Kreativitas adalah proses berpikir menyebar (divergen) untuk memecahkan masalah secara orisinil dan layak untuk dilaksanakan (Herbert Fox).

- Kreativitas adalah kemampuan melihat problem secara dini dan meresponnya secara tepat (Enrich Fromm).

- Kreativitas adalah kemampuan berimajinasi dan berpikir orisinil dalam perkataan dan gagasan (Kegan Paul).

Jika kita perhatikan definisi para ahli tersebut, ada tiga kata kunci yang berhubungan dengan kreativitas yakni gagasan (pemikiran), orisinil (baru) dan pemecahan masalah. Jadi kreativitas dapat dikatakan sebagai kemampuan untuk menghadirkan suatu gagasan (pemikiran) baru untuk memecahkan masalah.

Kita juga perlu mengetahui perbedaan antara kreativitas dengan inovasi. Kreativitas terjadi dalam tataran ide, sedang inovasi adalah kreativitas yang telah diwujudkan dalam bentuk produk (barang, jasa atau aturan/konsep). Inovasi tidak mungkin terjadi tanpa didahului oleh proses kreativitas dan kreativitas menjadi kurang bermanfaat jika tidak ditindaklanjuti dengan proses inovasi.

Menurut Prof. Dr. Winardi, kreativitas merupakan sifat yang sangat penting dimiliki oleh setiap orang agar dapat survive (bertahan) dan mampu “memperbarui” dalam kondisi zaman yang sangat kompetitif saat ini. Kreativitas bermanfaat untuk membantu kita dalam memecahkan masalah secara lebih efisien dan efektif, membuat kita mampu menghasilkan produk yang inovatif sesuai dengan perkembangan jaman, serta membuat hidup menjadi lebih bergairah dan tidak membosankan.

0 komentar:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Flowers and Decors. Powered by Blogger